Breaking News
Loading...
Monday 18 January 2016

Model Pembelajaran Kooperatif (Cooveratif Learning)

Selamat datang kembali Pembaca,,
Pada kesempatan hari ini saya akan berbagi tentang ulasan salah satu model pembelajaran. Proses belajar mengajar guru di sekolah tidak terlepas dari peran model pembelajaran. Model pembelajaran sangat membantu dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Melalui model pembelajaran ini, target pembelajaran bisa tercapai. Berikut admin ulas sedikit tentang pembeajajaran konstruktivisme yautu pembelajaran dengan model kooperatif. 
Cooperatif Learning
Baca juga : Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran
A. Pengertian Pembelajaran Kooperatif
            Pembelajaran kooperatif merupakan suatu strategi pembelajaran yang digunakan dimana siswa saling kerja sama dalam menyelesaikan tugas kelompoknya serta saling membantu untuk memahami suatu bahan pelajaran demi tercapainya tujuan pembelajarana yang dirumuskan.
            Pembelajaran kooperatif learning adalah implikasinya terhadap hasil belajar, system belajar kelompok dalam model cooperatif learning mendorong tumbuhnya tanggung jawab sosial dan individu siswa, mendorong peningkatakan dan kegairahan belajar siswa, serta pengembangan dan ketercapaian kurikulum.
            Keberhasilan pembelajaran kooperatif dapat sukses apabila buku materi pelajaran tersedia lengkap dalam kelas, serta siswa diberikan kebebasan untuk memperoleh tingkah laku siswa dalam berdiskusi tidak didominasi oleh guru (Haryoto).
B. Sintak /Fase/ Langkah-Langkah Model Pembelajaran Kooperatif
Tabel 1. Langkah-langkah model pembelajaran kooperatif

Fase-fase
Tingkah laku Guru
Fase 1
Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai pada pembelajaran tersebut dan memotivasi siswa belajar.
Fase 2
Menyajikan infromasi
Guru menyajikan informasi kepada siswa dengan demonstrasi atau lewat bahan  bacaan
Fase 3
Mengorganisasi siswa kedalam kelompok-kelompok belajar
Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana caranya membentuk kelompok belajar dan membantu setiap kelompok agar melakukan transisi secara efisien
Fase 4
Membimbing kelomook bekerja dan belajar
Guru membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat mereka mengerjakan tugas mereka
Fase 5
Evaluasi
Guru mengevaluasi hasil belajar tentang materi yang telah dipelajari atau masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerjanya
Fase 6
Memberi penghargaan
Guru mencari cara-cara untuk menghargai baik upaya maupun hasil belajar individu dan kelompok

Demikian penjelasan tentang model pembelajaran kooperatif, jika ada masukan silahkan kita diskusikan pada komentar di bawah, semoga bermanfaat!

0 komentar :

Post a Comment

Back To Top